• Pengetahuan 06.07.2009 Comments Off on [Teori] Holmesian Deduction

    Apa sih holmesian deduction itu??

    Berdasarkan arti kata deduction / deduksi berarti mengambil suatu yang khusus-khusus untuk disimpulkan secara umum. Sedangkan holmesian itu asal kata dari sherlock holmes. jadi klo diartikan semuanya, cara berpikir sherlock holmes untuk mengambil ksimpulan dari fakta-fakta yang khusus.
    Ya skitar gtulah pengertiannya….

    Lalu, bgaimana cara brpikir deduktif itu?
    wah prtanyaan susah untuk yg ini, scara gw jg blm bisa bener, tp tenang gw akan mnjelaskannya sejelas-jelasnya….

    kita mulai dengan contoh yang simpel :
    suatu ktika kalian brtemu orang di tengan jalan. pria tersebut memakai kaos, celana, topi, lalu mmbawa cangkul dan d skitar tmpat tsb ad proyek galian kabel.
    psti (klo pinter c psti….:-) ) kalian brpikir bhwa org tsb krjaannya tukang galian.

    kok bisa tau??
    (ya taulah kan gw pinter..) ok slain lo pinter, tp aslinya kalian bisa tebak tu pkrjaan orang dari penampilan dan alat yg dibawa orang tsb.
    skrg kita liat dengan cara brpikir deduktif,
    prtama fakta-fakta khusus apa yg kita punya :
    – orang tsb memakai kaos-celana
    – memakai topi
    – membawa cangkul
    – ada galian d sekitar situ

    lalu kita kembangkan fakta-fakta yang ada :
    – memakai topi —> untuk mlindungi diri dari terik matahari —> trkena terik matahari karena bkrja diluar
    – membawa cangkul —> untuk menggali
    – daerah galian
    jika dsambungkan fakta-fakta trsebut, maka dapat dsimpulkan bhwa orang itu krjaannya tukang galian…FINISH

    sprti contoh di atas, trkadang kita tnpa sadar brpikir scara deduktif.
    mskipun ini dianggap hal yang simpel, tapi jika kmmpuan ini dikembangkan dpt mmbuat orang lain tercengang dan takjub saat kita menebak pkrjaan orang lain dgn tepat, sprti seorang pesulap menampilkan sulapnya…
    (hahaha hiperbola..)

    OK demikian posting ini berakhir, sampai jumpa pada postingan slanjutnya…
    SELAMAT MENCOBA !!

    Tags: ,

  • Pengetahuan 15.04.2009 2 Comments

    Sherlock Holmes adalah seorang detektif FIKSI yang terkenal, berasal dari London, Inggris. Tokoh ini dibuat oleh Sir Arthur Conan Doyle (bagi yang suka baca komik Detective Conan, pasti tau klo nama ini merupakan asal muasal si Shinichi pake nama Conan).

    Nah Sherlock Holmes ini sering ditemani oleh sahabatnya yang bernama dr.Watson (gw lupa nama panjangnya siapa). Klo kalian pernah baca novelnya, kisah tersebut diceritakan dari sudut pandang dr.Watson.
    Sherlock Holmes juga mempunyai sodara yang bernama Mycroft. Keahliannya dalam analisis ga kalah hebat dengan Sherlock, bahkan lebih hebat (akuan dari Sherlock sendiri di novelnya, tp gw lupa novel yang mana).

    Ada istilah “Ga ada yang sempurna di dunia ini.”
    Nah ini berlaku juga di Sherlock. Dengan segala kelebihannya, dibarengi dengan kejelekannya. Hal yang paling gw ga suka dari Sherlock adalah dia pecandu morfin dan perokok berat (Beuuuuuhhhh…….).
    Jangan ditiru gan… Ambil yang baik2 aj klo mau….

    OK cukup dengan profilnya…..
    Yang terpenting dari seorang detektif itu adalah cara berpikir untuk menyelesaikan sebuah kasus / masalah.
    Pola pikir dan metode-metode yang dipakailah yang membuat para detektif hebat.

    Kita ambil contoh Hercule Poirot (detektif buatan Agatha Christie), metode dia adalah dengan bertanya ke semua orang yang bersangkutan dengan suatu kasus.
    “Sapa yang mempunyai alibi?”
    “Sapa yang berbohong?”
    “Kenapa dia berbohong?”
    Pertanyaan semacam itulah yang didapat saat membaca novel Poirot.

    Lain ladang lain belalang, lain lubuk lain pula ikannya.
    Untuk Sherlock Holmes, dia mempunya metode mengumpulkan semua bukti-bukti yang ada d tempat kejadian, menganalisisnya untuk mendapatkan suatu kesimpulan. Metode ini bernama Holmesian Deduction.
    Gimana caranya? Apakah bisa dipraktekan?

    Kita lihat jawabannya in the next post!!

    Tags:

  • Pengetahuan 13.04.2009 Comments Off on [Tokoh] Detektif

    Apa yang lo pikirkan ketika mendengar kata “Detektif” ??

    Mungkin ada yang berpikir :
    “seseorang yang suka ada di cerita-cerita misteri”,

    atau ada yang berpikir:
    “orang yang menyelesaikan kasus pembunuhan”,

    atau ada juga yang berkata:
    “Lha itu mah gw x, gw kan detektif”.

    Ya whatever lah. Sah-sah aj orang mw bilang apaan. Yang penting bisa dipertanggung jawabkan (bahasa berat bro..hahaha).
    Nah, klo gw (mungkin ada juga yang sama), ketika dengar kata “Detektif”, maka pertama kali gw pikir adalah “Sherlock Holmes”. Semua pasti pada tau Sherlock Holmes, baik itu tua atau muda. (Kagak percaya?? Lo tanya aj sama balita yang udah bisa baca, psti dia tau Sherlock Holmes).

    Bagi yang ga kenal Sherlock Holmes, makanya kenalan donk. Kan ada pribahasa “Tak kenal maka ta’aruf”.
    OK gw bakal jelasin sapa tu Sherlock Holmes in the next post!!

    Stay Tune!!

    Tags: